4 Langkah Ubah Mindset Siswa Agar Jadi Pelajar Sukses

 

Ada era saat ini siswa dihadapkan dengan masalah dan juga tantangan tersendiri untuk mencapai prestasi. Tidak seperti pada jaman yang dahulu, dimana siswa dihadapkan dengan kesulitan berupa terbatasnya sumber belajar. Kini siswa dihadapkan dengan sumber belajar yang memadai dengan dilengkapi oleh internet yang mendukung. Namun hal tersebut malah membuat kebanyakan siswa terlalu santai dalam belajar.
Mindset siswa perlu ditata betul mulai saat ini. Karena jika mindset tertata dengan rapi, maka siswa akan mudah untuk mencapai gelar pelajar sukses. Ketika siswa berinteraksi dengan teman sebayanya, siswa dapat bertukar pikiran mengenai ujian-ujian yang akan dihadapi di sekolah. Selain itu, siswa juga akan menata agenda hariannya dengan kegiatan belajar.
Berikut beberapa cara merubah mindset siswa agar menjadi pelajar sukses:

Tanamkan Semangat Positif

Semangat positif dapat tumbuh dengan subur jika siswa tidak didasari dengan kalimat-kalimat negatif yang menuju padanya. Artinya siswa akan merasa terpengaruhi akan apa yang diucapkan orang lain padanya. Oleh karena itu, sebaiknya tanamkan kalimat-kalimat yang bisa membangun, bukan malah menghancurkan semangat siswa.

Berikan Figur yang Tepat

Figur ialah seseorang yang dijadikan panutan. Tidak semua siswa membuat figur yang tepat. Ada yang sangat mengidolakan artis sehingga apa yang mereka lakukan dan miliki harus sama dengan yang diidolakan. Ini merupakan tugas guru selaku orang tua di sekolah untuk mengarahkan siswa agar memiliki figur atau panutan yang tepat.
Mencari figur yang tepat sebaiknya didasarkan pada kelebihan yang dimiliki oleh figur tersebut. Beberapa kelebihan yang dapat dijadikan contoh adalah: Prestasi, Ketaqwaan, Kejujuran, dan keterampilan yang dimiliki oleh orang tersebut. Dengan adanya figur yang positif, maka segala tingkah laku siswa juga akan mengarah pada yang positif juga.

Sugesti

Peran yang sangat penting lainnya yaitu sugesti. Siswa yang berusia SD, SMP dan SMA akan mudah sekali menerima sugesti dari kanan dan kiri. Namun alangkah baiknya jika sugesti yang diberikan bersifat positif dan mendukung.
Contoh sugesti yang baik yaitu “kamu harus semangat, dan selalu bahagia kamu pasti bisa.” Masih banyak pula sugesti lainnya yang dapat erubah mindset yang negatif menjadi positif.

Lagu

Faktor selanjutnya yang dapat merubah mindset seseorang yaitu lagu. Jika lagu yang sering didengarkan merupakan lagu yang melow bahkan galau maka itu sudah cukup menggambarkan mindset yang ada pada pikirannya di saat itu. Namun siswa yang mendengarkan lagu dengan iringan musik yang bervolume dan membuat bersemangat maka siswa tersebut juga memiliki jiwa yang semangat untuk menjalani hari. Jadi hati-hati ketika memilih lagu yang sering didengarkan.

Penutup

Sekses pada diri sendiri tidak dapat ditentukan oleh orang lain. Jadi jika mindset yang dimiliki belum jelas arahnya, maka rubahlah mindset tersebut menjadi hal yang baik yang dapat membuat siswa menjadi pelajar sukses di masa depan.

Komentar

  1. Manfaat sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *