Cara Cek Ideal dan Kontrol Berat badan Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

kontrol berat badan ibu hamil

Bunda sedang dalam masa kehamilan? Sudah yakin berat badan bunda sesuai dengan standar kesehatan ibu hamil? Jika belum, berikut ini kami akan coba paparkan cara kontrol berat badan ibu hamil, dan cara mengeceknya. Tujuannya agar bunda tahu apakah berat badan bunda sudah sesuai dengan rekomendasi ahli kesehatan atau belum.

Kenapa Bumil Harus Kontrol Berat Badan?

Idealnya, ibu hamil tidak boleh terlalu gemuk dan juga tidak boleh terlalu kurus. Artinya, ibu hamil harus memiliki berat badan yang ideal sebagai persiapan melahirkan. Tujuannya agar ibu hamil bisa menjaga kesehatan dirinya sendiri dan juga janin di dalam kandungan.

Jika bumil mengalami penurunan dan peningkatan berat badan secara signifikan, maka akan memengaruhi kesehatan tubuh bunda dan janin. Bumil yang berat badannya kurang berisiko mengalami anemia, bahkan hingga berpotensi mengalami kelahiran prematur.

Sedangkan ibu hamil yang berat badannya besar, atau obesitas, maka berisiko mengalami keguguran, kelainan janin, dan lainnya. Maka dari itu, mengontrol berat badan sangat penting untuk dilakukan.

Cara Ideal Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

Sudah ada beragam cara loh yang bisa anda lakukan saat akan kontrol berat badan ibu hamil. Nah adapun cara berikut ini yang bisa anda terapkan saat akan mengendalikan berat badan ibu yang hamil:

  • Mengonsumsi makanan-makanan sehat mulai dari sayuran dan buah-buahan. Bunda bisa mengganti makanan daging berlemak jahat dengan ikan yang mengandung lemak baik untuk tubuh.
  • Rutin melakukan aktivitas olahraga, khususnya jenis olahraga-olahraga yang bagus untuk masa kehamilan. Ada cukup banyak jenis olahraga untuk ibu hamil. Alangkah baiknya jika Bunda berdiskusi atau konsultasi pada dokter kandungan yang anda pilih mengenai olahraga apa yang bisa anda coba.
  • Mengontrol keinginan makan dan minum ibu hamil pada waktu ngidam. Ketahui juga apakah makanan atau minuman yang bunda idamkan boleh dikonsumsi saat hamil atau tidak.
  • Meminum banyak air putih 2,5 liter hingga 3 liter per hari.
  • Mengonsumsi makanan yang sering namun dengan porsi yang kecil.

Cara Cek Berat Badan Ideal Bumil

Untuk mengecek berat badan ibu hamil caranya cukup mudah. Saat ini ada banyak website yang menyediakan sebuah aplikasi berbasis browser. Salah satunya yaitu website www.prenagen.com.

Di website tersebut sudah tersedia sebuah aplikasi untuk mengontrol berat badan. Dimana dengan aplikasi tersebut  bunda akan mengetahui secara kalkulatif berat badan bunda sudah dalam kategori ideal atau belum. Nah, berikut ini kami akan jelaskan bagaimana tata cara penggunaan aplikasi tersebut.

1. Masuk Website Prenagen

Pertama-tama silahkan bunda masuk ke halaman website prenagen yang sudah kami cantumkan di atas. Setelah itu, silahkan bunda cari menu aplikasi untuk cek berat badan ideal bunda.

2. Masukkan Data Untuk Menghitung

Setelah berada di halaman website dan aplikasi kontrol berat badan, silahkan bunda masukkan beberapa data penting untuk menghitungnya. Data-data yang dimaksud meliputi usia kehamilan, tinggi badan, berat badan sebelum hamil, dan juga berat badan saat ini.

3. Hitung Secara Instan

Setelah proses input data tadi selesai, silahkan bunda langsung hitung. Proses penghitungan cepat dan mudah. Bunda cukup klik tombol “Hitung” yang ada di bagian bawah kolom data aplikasi. Setelah diklik, maka hasilnya pun akan keluar.

Hasilnya akan menunjukan berat badan bunda apakah sudah ideal atau belum. Nanti akan keluar informasi terlalu kecil, obesitas, atau normal. Proses penghitungannya tergolong cepat dan hanya berlangsung beberapa detik saja. Dengan begitu, bunda bisa langsung mengetahui apakah berat badan pada masa kehamilan sudah ideal atau belum.

Demikian informasi seputar cara kontrol berat badan ibu hamil, dan juga cara mengetahui apakah berat badan bumil sudah ideal atau belum. Bagaimana, mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *