Kenali Permasalahan Mesin Mobil Melalui Warna Asap Yang Keluar

oli mesin mobil terbaik

Pemilihan oli mesin mobil terbaik sangat penting untuk menjaga kendaraan Anda agar tetap prima. Jika sembarang pilih, mesin mobil akan cepat rusak dan tidak akan nyaman saat dikendarai. Lebih parahnya bisa menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan saat di perjalanan. Maka dari itu, penting untuk menggunakan oli mesin mobil berkualitas , mengganti oli mesin mobil secara teratur, dan rajin melakukan pemeriksaan / check up pada mobil Anda. Hal ini dilakukan untuk mengecek atau mendeteksi kerusakan pada mesin mobil. Tapi ternyata, Anda juga bisa mendeteksi kerusakan komponen mesin mobil bagian dalam hanya dengan melihat warna asap knalpot mobil yang keluar, lho.

Jika Anda perhatikan, ada kendaraan yang mengeluarkan asap knalpot berwarna hitam, putih, biru atau abu. Adanya perbedaan warna pada asap knalpot tersebut dikarenakan terjadi pembakaran yang tidak sempurna dibagian mesin, sehingga mobil mengeluarkan asap knalpot yang tidak wajar. Selain itu, bau dari asap knalpot yang bermasalah juga terlalu menyengat.  Tetapi jika yang keluar hanya berupa asap putih tipis dan tidak bertahan lama sejak mobil dinyalakan, Anda tidak perlu khawatir karena asap tersebut hanya muncul akibat adanya pengembunan yang biasa terjadi pada mobil yang berada di lokasi bersuhu dingin.

Lalu apa saja indikasi permasalahan mesin mobil yang bisa Anda deteksi dari warna asap yang keluar? Kami sudah rangkum informasinya untuk Anda.

 

Asap Knalpot Hitam

Warna asap knalpot ini seringkali ditemukan pada mobil yang sudah berusia tua. Asap ini berwarna hitam pekat, ya, jadi berbeda dengan asap yang dikeluarkan dari mobil mesin diesel. Jika mobil sampai mengeluarkan asap berwarna hitam pekat biasanya terjadi permasalahan pada sistem pembakarannya. Selain itu, bisa juga terjadi permasalahan pada saringan udara, injektor, karburator, atau mesin mengalami kebocoran kompresi.

 

Asap Knalpot Putih Pekat

Asap warna putih pekat seringkali ditemukan pada beberapa mobil. Jika asapnya berwarna putih pekat dan tebal, biasanya hal itu mengindikasikan ada oli mesin mobil terbawa masuk ke ruang pembakaran atau kerusakan pada bagian silinder. Jika sudah parah, bisa jadi penyelesaian masalah pada mobil Anda adalah dengan turun mesin.

 

Asap Knalpot Biru

Untuk asap yang keluar berwarna biru, indikasi masalah biasanya terjadi pada head gasket atau ring piston. Hal ini terjadi karena adanya oli mesin mobil yang merembes masuk ke dalam mesin. Untuk mobil yang dilengkapi dengan mesin turbo, munculnya asap berwarna biru bisa jadi pertanda bahwa blower turbo harus sudah diganti.

 

Asap Knalpot Abu

Jika asap yang keluar berwarna abu-abu, biasanya menandakan adanya masalah pada katup PCV (Positive Crankcase Ventilation). Bisa jadi katup mengalami kemacetan sehingga uap dan gas dari ruang mesin masuk tidak terkontrol. Pada mobil matic, indikasi masalahnya ada pada oli transmisi yang rusak. Bisa jadi jumlah oli transmisi yang berlebih pada tangki sehingga rembes.

 

JIka mobil Anda sampai mengeluarkan asap berwarna seperti di atas, sebaiknya segera lakukan perbaikan ke bengkel, ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *