Pentingnya Susu Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

susu pertumbuhan anak 3 tahun

Susu sangat berperan penting untuk membantu tumbuh kembang anak, karena bisa menjadi sumber energi untuk membantu tumbuh kembangnya, begitu juga susu pertumbuhan anak 3 tahun.

Susu bisa mulai di konsumsi oleh si Kecil pada saat masa ASI eksklusif selesai, dimana saat anak mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Tetapi sebelum Bunda memutuskan untuk memberikan susu pada si Kecil, Bunda harus mengetahui adanya intoleransi laktosa ataupun alergi susu sapi pada si Kecil.

Beberapa hal lain yang harus Bunda perhatikan juga adalah memeriksa tanggal kadaluarsa dari susu, lalu komposisi yang terkandung, aturan pemakaian dan bentuk kemasan ketika hendak membeli. Itu bertujuan agar si Kecil tetap aman ketika mengkonsumsi susu.

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan si Kecil ketika Bunda memberikan ia susu? Karena susu merupakan konsumsi wajib yang harus diberikan untuk membantu tumbuh kembang si Kecil, maka Bunda harus mengetahui berbagai manfaat dari susu berikut ini:

1. Membantu anak menjadi lebih sehat

Susu mempunyai kandungan yang sangat penting, dimana susu mampu mendukung si Kecil agar bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Beberapa diantara kandungan susu adalah prebiotik yang memberikan manfaat pada kesehatan pencernaan anak, karena organ pencernaan yang sehat merupakan gambaran anak yang mempunyai tumbuh kembang sehat juga.

2. Membantu pertumbuhan fisik

Susu mengandung kalsium yang baik untuk membantu pertumbuhan fisik, selain itu ada juga fosfor, magnesium dan protein sebagai pelengkap kebutuhan anak.

Kandungan susu tersebut penting untuk diberikan rutin sejak usia dini, dengan begitu si Kecil akan terhindar dari osteoporosis ketika  dewasa nanti. Selain memberikan manfaat untuk pertumbuhan fisik, kandungan itu juga baik untuk membantu kesehatan gigi anak, karena bisa mencegah terjadinya gigi berlubang.

3. Bisa mendukung kecerdasan otak

Tidak kalah dari prebiotik dan kalsium, susu juga mengandung berbagai asam lemak esensial yang baik untuk si Kecil.

Asam lemak esensial tersebut termasuk dalam beberapa bagian, mulai dari omega 3 dan omega 6, AA dan DHA, hingga kandungan sphingomyelin. Dimana kandungan kandungan tersebut memberikan nutrisi yang baik untuk membantu kecerdasan pada otak si Kecil.

4. Menjadi sumber energi

Susu bisa menjadi sumber energi bagi anak, salah satunya adalah karbohidrat dan lemak yang bisa membuat si Kecil menjadi kenyang. Apalagi jika anak memang sangat aktif sehingga memerlukan asupan energi yang lebih banyak untuk menunjang aktivitas hariannya. Untuk membantu tumbuh kembang yang optimal, Bunda harus memberikannya secara rutin agar aktivitas fisik dan perkembangan kecerdasan otak anak menjadi optimal.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapat oleh si Kecil dengan mengkonsumsi susu, Bunda juga harus tahu takaran yang baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil berdasarkan usia.

Susu bisa menjadi pelengkap untuk tumbuh kembang anak, namun bisa berbahaya juga jika Bunda tidak mengetahui takaran yang pas untuk dikonsumsi si Kecil. Catat, berikut takaran pas yang bisa Bunda diberikan pada si Kecil guna tumbuh kembang optimal berdasarkan usianya:

Untuk susu pertumbuhan anak 3 tahun, Bunda bisa memberikan nya sebanyak 480 mililiter atau setara dengan 2 gelas untuk perharinya.

Untuk Anak Usia 4 hingga 8 tahun memerlukan sebanyak 600 mililiter atau setara dengan 2 sampai 3 gelas perhari.

Usia yang lebih besar tentunya memerlukan asupan lebih besar juga, anak di usia 9 tahun memerlukan asupan susu sebanyak 720 mililiter per hari, atau setara dengan 3 gelas untuk setiap harinya.

 

 

Metadesc: Memberikan susu pertumbuhan anak 3 tahun sangat penting untuk membantu tumbuh kembang fisik dan kecerdasan otak, karena adanya kandungan prebiotik, kalsium dan asam lemak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *